4 Mekanisme Praktis Berikut Menjadi Alasan Mengapa Roller Blind Itu Istimewa!

Sejak pertama kali muncul, roller blind sering dimanfaatkan pada ruangan kantor untuk memfilter cahaya matahari yang masuk dari luar ruangan. Namun seiring perkembangannya, variasi roller blind terus bermunculan, sehingga mulai dimanfaatkan untuk dekorasi rumah. Selain bentuk yang elegan, faktor lainnya adalah karena mekanisme penggunaannya yang praktis dan harga roller blind murah di pasaran.

Mekanisme dari Roller Blind

Penggunaannya yang praktis serta perawatannya yang mudah seringkali menjadi faktor utama penyebab tirai minimalis roller diminati banyak orang. Berikut mekanisme roller blind yang berbeda-beda dan unik tergantung jenis serta kebutuhannya.

1. Chain / Rantai

Mekanisme roller blind yang paling umum dan bayak digunakan dalam rumah adalah jenis chain atau rantai. Dimana rantai tidak hanya berfungsi untuk mengoperasikan tirai, namun juga penambah estetika karena bentuk yang mirip accessories dan warnanya yang selaras dengan tirai.

Untuk menggunakannya, cukup dengan menarik lantai yang bisa dijangkau oleh tangan dan tirai bisa terbuka maupun tertutup. Mekanisme jenis rantai termasuk dalam roller blind murah karena masih terbilang sederhana dan manual dalam pengaplikasiannya.

2. Spring Flexy Stop

Roller Blind Spring Flexy Stop

Mekanisme selanjutnya yang tidak kalah praktis adalah spring flexy stop dengan memanfaatkan tali sejenis bandul yang menjadi alat utama untuk mengoperasikannya. Tali ini terkait langsung pada tirai dan diposisikan di tengah sehingga terlihat bergelantung ketika roller blind terbuka.

Cara menggunakannya bukan dengan menarik tali secara utuh, namun cukup memberikan sedikit tarikan, maka tirai akan terbuka dengan bergulung ke atas. Cara pengaplikasian ini mirip seperti mengagetkan hewan yang tertidur, karena ketika disentuh sedikit, roller blind akan kaget dan secara spontan  menarik tirainya hingga ke atas

3. One Touch Self Released

Roller Blind One Touch Self Released

Mekanisme ini sekilas mirip dengan jenis chain, karena sama-sama memanfaatkan rantai sebagai alat operasinya. Namun, seperti namanya penggunaan roller blind dengan mekanisme ini cukup dengan sekali sentuhan atau tarikan ketika akan menutup tirai, berbeda dengan chain yang harus ditarik manual.

Sementara untuk membukanya, cukup dengan mendorong ujung bawah tirai ke atas, dan roller akan tergulung. Cara ini mirip dengan sistem pintu rolling door yang bayak di temui sebagai penutup ruko yang diaplikasikan dengan menarik atau mendorong ujung bawah pintu. Mekanisme jenis ini sudah banyak di toko yang menjual harga roller blind murah.

4. Remote

Remote Roller Blind

Mekanisme remote merupakan jenis penggunaan roller blind terbaru dan cukup praktis serta menarik untuk di coba, terlebih dalam ruangan kantor yang harus serba cepat. Untuk membuka dan menutup tirai, anda cukup menekan tombol yang tersedia dalam remote kontrol tanpa harus bersentuhan langsung dengan roller blind.

Namun, mekanisme menggunakan remote kontrol ini memiliki harga setingkat lebih mahal dari standarnya. Selain itu, pergantian baterai yang  harus dilakukan secara berkala, cukup menambah pengeluaran walaupun sedikit. Jika ingin menggunakan mekanisme ini, harus memperhatikan kebutuhan dengan baik, jika sekiranya dalam kantor atau ruangan tidak sering membuka dan menutup tirai maka lebih baik menggunakan jenis yang lebih sederhana.

Dengan beragam mekanisme roller blind, maka akan sangat memudahkan anda dalam menentukan  jenis sesuai kebutuhan. Misalnya bagi yang tergolong sibuk, dan tidak mau repot membuka tutup tirai, bisa menggunakan aplikasi remote atau one touch. Sebaliknya jika memiliki banyak waktu di rumah, dan lebih menghemat biaya, bisa memilih roller blind murah jenis chain ataupun spring flexy stop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *