5 Kelebihan Plafon Akustik yang Harus Kamu Tahu

Ada banyak sekali macam-macam plafon yang ada di sekitar kita, mulai dari plafon triplek, kayu, PVC, eternit, GRC, gypsum hingga plafon akustik. Buat kamu yang membutuhkan ruangan privat dan kedap suara, disarankan memilih plafon jenis akustik. Plafon ini mampu menahan suara bising dari luar dan mampu menahan suara dari dalam agar tidak terdengar sampai luar. Plafon jenis ini sering kita jumpai di perkantoran modern, diskotik, studio musik, ruang rapat, bioskop dan ruang privat lainnya.

Adapun ukuran plafon jenis akustik terbagi menjadi dua, ada yang berukuran 120 cm x 60 cm dan ada yang berukuran 60 cm x 60 cm. Untuk ketebalan plafon bermacam-macam, mulai dari 9 mm hingga 15 mm. Gunakan plafon jenis ini jika kamu membutuhkan ruangan yang bersifat privat, dengan begitu suara dari luar maupun dari dalam bisa diredam dengan baik.

Inilah 5 Kelebihan Plafon Akustik

elebihan Plafon Akustik

 

Plafon merupakan komponen yang menjadi pembatas antara ruangan dan atap, memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyembunyikan kabel listrik yang tidak enak dipandang mata, juga sebagai pendukung keindahan interior rumah. Dengan adanya plafon maka rumah akan tampak semakin indah dan nyaman dihuni. Dari banyaknya jenis plafon yang ada plafon jenis akustik bisa menjadi pilihan terbaik, walaupun kamu tidak akan mendapatkan plafon akustik  murah dan terjangkau, namun tidak akan menyesal memilih plafon ini . Kamu bisa mendapatkan banyak keunggulan dengan menggunakan jenis plafon satu ini, berikut berbagai kelebihan plafon jenis akustik yang harus kamu tahu :

1. Mudah di pasang

Pemasangan plafon akustik cukup mudah untuk dilakukan, bisa dipasang pada rangka berbahan metal maupun kayu. Selain mudah untuk dipasang, plafon juga cepat dalam pemasangan dengan tetap memperhatikan kualitas dan kerapian. Dengan begitu kamu tidak perlu takut membengkaknya biaya pemasangan oleh tukang.

2. Bahan lebih ringan dan lentur

Material pada plafon cukup ringan dan lentur, sehingga dalam pemasangan maupun perbaikan bisa dilakukan dengan maksimal dan cepat. Bahkan perawatan pada plafon jenis akustik cukup mudah untuk dilakukan.

3. Pemasangan bisa disesuaikan dengan ruangan

Buat kamu yang memiliki ruang dengan ukuran sempit maupun lebar tidak perlu takut untuk memilih plafon jenis akustik, plafon ini mampu menyesuaikan bentuk dari ruangan.

4. Mampu meredam suara

Memang benar hampir semua plafon mampu meredam suara, namun plafon jenis akustik menjadi satu-satunya plafon yang mampu meredam suara dengan maksimal. Sehingga orang yang membutuhkan privasi lebih baik memilih plafon ini, suara dari luar juga mampu diredam dengan baik, sehingga akan membuat ruangan lebih hening dan tenang.

5. Anti karat

Kelebihan lainnya yang bisa kamu dapatkan dari jenis plafon ini adalah anti karat, sehingga kamu tidak perlu khawatir plafon ini berkarat dan merusak keindahan ruangan.

Dimana ada kelebihan pasti ada beberapa kekurangan dari plafon jenis akustik yang harus kamu tahu, pertama plafon ini jarang kamu temukan di daerah tertentu, hanya kota-kota besar saja yang menyediakan jenis plafon ini. Kedua, harga plafon akustik murah sangat jarang juga kamu temukan, karena harga rata-rata jenis plafon jenis akustik cukup mahal, namun kualitasnya tidak bisa diremehkan, dan kekurangan ketiga plafon ini tidak tahan air, sehingga sangat disarankan untuk memastikan  terlebih dahulu atap rumah tidak bocor sebelum pemasangan. Buat kamu yang tertarik dengan plafon ini dapatkan di tempat jual yang dipercaya, survey terlebih dahulu di beberapa toko terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *