Cari Tahu Lebih Dalam Mengenai Komponen Pengaman Kelistrikan

Komponen Pengaman Kelistrikan

Listrik merupakan sesuatu hal yang sangat penting dan hampir dibutuhkan oleh semua orang, tanpa listrik maka hampir tidak akan ada aktifitas yang bisa berjalan dengan lancar. Bayangkan saja jika anda mengalami mati lampu seharian penuh pasti anda merasa segala sesuatunya menjadi amat sulit karena mulai dari aktifitas mencuci, menyetrika dan lainnya menggunakan listrik. Namun, karena begitu banyaknya manfaat listrik pada kehidupan anda bukan berarti anda melewatkan faktor keamanan pada listrik, salah satu faktor keamanan listrik terletak pada beberapa komponen listrik yang ada karena tanpa adanya komponen pengaman listrik pun dapat menjadi berbahaya bagi anda. Komponen pengaman listrik ini pada dasarnya digunakan ketika beban yang ada pada listrik suda terlalu lebih atau terdapat beberapa faktor yang nantinya menyebabkan konslet sehingga dapat diputuskan atau diamankan supaya tidak terjadi hal-hal yang nantinya dapat merugikan. Pada umumnya jika anda ingin memasang suatu instalasi listrik di rumah dan menyewa jasa instalasi listrik pasti mereka akan sangat merekomendasikan untuk penggunaan pengaman listrik ini, karena memang begitu penting keberadaannya.

Listrik Aman Dengan Menggunakan Komponen Kelistrikan Berikut Ini!

Pernah mendengar jika ada kebakaran atau orang tersetrum karena listrik? Jika pernah, maka itu benar pernah terjadi. Hal itu bisa saja terjadi salah satunya karena faktor kurangnya pengaman pada sistem kelistrikan yang ada di tempat tersebut sehingga arus tidak terkendali dan dapat membahayakan sekitar. Untuk itu, sebaiknya anda memang menyediakan komponen pengaman pada seluruh sistem yang dialiri listrik pada tempat anda hal ini agar manfaat listrik dapat dirasakan secara maksimal tanpa membahayakan siapapun. Jika anda ingin tahu komponen pengaman kelistrikan apa saja yang dapat anda gunakan, mari simak ulasan berikut ini!

  1. MCB (Miniatur Circuit Breaker), jika anda lihat saat ini hampir disetiap rumah, pertokoan, gedung hingga fasilitas umum yang menggunakan listrik pasti menggunakan MCB. Pada dasarnya MCB ini memiliki perananan untuk menyambung dan memutuskan aliran listrik yang terdapat disuatu rangkaian listrik, Jadi ketika sekiranya ada keanehan atau gejala yang nantinya menyebabkan konsleting anda dapat mengandalkan MCB ini untuk memutuskan aliran listrik yang ada.
  2. Sekring, pasi anda sudah tidak asing lagi dengan komponen pengaman yang satu ini, ya sekring banyak digunakan dirumah-rumah terutama pada peralatan eletronik yang dialiri aliran listrik. Peranan dari sekring ini juga sebagai pemutus aliran listrik ketika dirasa beban yang mengalir terlalu besar dan dapat menyebabkan konsleting. Namun, sayangnya saat ini banyak orang yang sudah meninggalkan penggunaan sekarang ini.

    Baca juga: Variasi Model Kait Pada Gorden Masa Kini



  3. ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker), komponen yang satu ini mengandalkan tenik grounding atau penanaman di bawah tanah, dalam artian ketika arus tersebut sekiranya berpotensi membahayakan terlebih dahulu arus tersebut akan mengalir kedalam sistem grounding dan secara otomatis akan langsung arus akan diputuskan. Komponen yang satu ini akan sangat diandalkan untuk menghadapi kemungkinan jika terjadinya kebocoran arus yang dapat menyebabkan sentuhan langsung atau potensi tersetrum pada manusia.
  4. ACB (Air Circuit Breaker), komponen pengaman listrik yang satu ini juga memiliki peranan untuk memutuskan aliran listrik dengan udara, udara tersebut akan berperan penting dalam meredam jika sekiranya terdapat gangguan seperti arus pendek.

Komponen pengaman sistem kelistrikan di atas sudah tidak diragukan lagi peranannya, bahkan beberapa kontraktor ME jika sedang mengerjalan instalasi kelistrikan pada suatu bangunan pasti akan memprioritaskan komponen pengaman tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *