Cek Hal-hal Ini Saat Membeli Plafon Untuk Memperoleh Plafon yang Terbaik

Saat ini ada banyak bahan yang dapat digunakan sebagai langit-langit atau plafon. Mulai dari triplek sampai PVC hadir di berbagai toko plafon. Setiap jenis material plafon memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Penggunaan material plafon pun disesuaikan dengan kebutuhan dari tiap bangunan. Namun, selain melihat masalah kebutuhan jangan lupa juga untuk memastikan kualitas plafon tersebut.

Ada beberapa tips membeli plafon yang dapat dilakukan untuk dapat memperoleh plafon dengan kualitas terbaik. Akan tetapi sebelum membahas mengenai tips-tips tersebut baiknya harus dikenali dulu berbagai jenis plafon yang umum dijumpai di pasaran. Pasalnya tips membeli plafon ini juga bergantung pada jenis plafon yang dipilih. Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Jenis-jenis Plafon

Mungkin banyak dari kita yang familiar dengan plafon dari bahan gypsum maupun triplek. Memang kedua jenis plafon tersebut yang paling banyak ditemui hingga saat ini. akan tetapi seiring berjalannya waktu sebenarnya mulai muncul berbagai varian plafon dengan bahan yang berbeda-beda.

Pengguna dapat memilih material yang dirasa paling sesuai dengan kebutuhan. Lalu ada plafon apa saja yang dapat menjadi pilihan pengguna saat ini? Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Palfon PVC menjadi salah satu primadona di toko plafon Jakarta saat ini. Pasalnya berbagai kelebihan yang dimiliki oleh plafon ini membuat peminatnya melonjak tajam. Selain bobot yang ringan, plafon ini juga memiliki kelebihan lainnya, yaitu anti rayap serta tahan air.
  • Saat ini plafon kayu juga masih banyak digunakan di Indonesia. Biasanya kayu akan diubah dalam bentuk lembaran-lembaran untuk kemudian dikeringkan supaya kadar airnya berkurang. Plafon ini biasanya cocok digunakan bagi orang yang ingin menghadirkan nuansa klasik di dalam ruangannya.
  • Siapa sangka jika ada plafon yang terbuat dari bahan metal atau dikenal dengan nama tin ceiling. Jenis plafon yang satu ini umumnya berbentuk lempengan metal tipis yang kemudian di embos sehingga menghasilkan motif ukiran. Beragam motif cantik serta pembuatan yang sulit membuat harga plafon yang satu ini menjadi cukup mahal.

Tips-tips Saat Membeli Plafon

Tips Membeli Plafon

Memang ada banyak jenis plafon yang ada di pasaran. Namun, tentu saja membeli plafon tidak boleh asal atau sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membeli plafon untuk memastikan plafon yang dipilih sesuai kebutuhan serta memiliki kualitas terbaik. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Perhatikan Ketebalan Plafon

Plafon hadir dengan tebal bermacam-macam. Hanya saja seringkali dijumpai plafon yang ketebalannya tidak sesuai deskripsi atau spesifikasi standar. Untuk mencegah hal tersebut terjadi sebaiknya cek ketebalan plafon yang akan dibeli. Pastikan jika plafon tersebut tebalnya sudah sesuai dengan pesanan Anda. Jangan sampai karena tidak sesuai justru mempengaruhi bangunan Anda nantinya.

2. Pastikan Plafon Dalam Kondisi Baik

Selanjutya jangan lupa memastikan kondisi plafon yang Anda  pesan. Cek secara keseluruhan plafon-plafon yang akan dibeli. Jangan sampai nantinya justru mendapat plafon dengan kondisi yang kurang baik.

3. Sesuaikan Kebutuhan

Seperti yang telah banyak disebutkan sebelumnya, ada banyak jenis plafon yang hadir di toko plafon. Pemilihan plafon tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dari si pengguna nantinya. Hal ini tidak hanya menyangkut material plafon namun juga termasuk ketebalan plafon. Pasalnya tiap bangunan memiliki kebutuhan spesifikasi plafon yang berbeda-beda.

Plafon menjadi komponen penting dalam suatu bangunan. Jadi tak ada salahnya untuk lebih selektif ketika akan memilih plafon untuk bangunan Anda. Cek berbagai hal mulai dari ketebalan sampai kondisi plafon. Jangan lupa pilih plafon yang sesuai dengan kebutuhan bangunan Anda ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *