Ingin Gorden Rumah Tetap Cantik, Higienis, dan Awet? Ikuti 5 Tips Jitu Cara Perawatannya Ini!

Coba perhatikan, berapa kali dalam setahun anda membersihkan dan mencuci gorden rumah anda? Nah jika anda termasuk orang yang jarang atau bahkan tidak pernah membersihkan gorden, mulai sekarang anda harus rajin merawatnya.

Sebab ini penting untuk menjaga kehigienisan, kecantikan, dan keawetan gorden. Nah sebagai bahan referensi, di bawah ini kami telah menyiapkan tips mengenai cara perawatan gorden atau tirai jendela yang baik dan benar! Untuk anda yang ingin mengetahuinya, silakan langsung scroll informasi di bawah ini!

5 Tips Cara Merawat Gorden Yang Baik Dan Benar

Membeli gorden merupakan suatu investasi bagi kelengkapan dekorasi interior rumah. Oleh karena itu, gorden harus dijaga selalu kebersihannya agar tetap cantik dan awet. Nah di bawah ini merupakan beberapa tips mudah untuk merawat gorden yang baik dan benar.

1. Cuci gorden

Agar gorden atau tirai jendela tetap terawat kebersihannya, anda harus mencucinya dalam jangka waktu tertentu. Nah supaya warna gorden tidak cepat kusam dan luntur, anda cukup mencucinya sekali saja dalam waktu 3 hingga 6 bulan.

Nah agar gorden tidak mudah rusak sebaiknya anda menyesuaikan cara pencucian dengan jenis kainnya. Misalnya untuk gorden yang terbuat dari kain beludru, cucilah tanpa memelintir kain supaya bulu-bulunya tidak rontok. Untuk gorden jenis chenille, anda harus mencucinya dengan sistem dry cleaning untuk menghindari kain menyusut.

Sedangkan untuk gorden dari bahan poliester, atau katun anda bisa mencucinya seperti biasa dengan menggunakan mesin cuci. Untuk gorden yang terkena noda, jangan lupa gunakan air hangat yang telah dicampurkan larutan cuka dan lemon agar noda hilang.

Terlepas dari soal cara pencucian, Hal penting yang harus anda ingat sebelum mencuci gorden adalah, pastikan bahwa kawat, smockring, ataupun besi yang mengait pada gorden sudah anda lepas terlebih dahulu

2. Jemur gorden

Dalam menjemur gorden, sebaiknya adan memperhatikan jenis kainnya terlebih dahulu. Sebab beberapa jenis kain warnanya mudah pudar jika dijemur langsung di bawah cahaya matahari. Untuk jenis kain yang seperti ini anda harus menjemurnya di area yang agak teduh.

Baca juga: Fasilitas Kantor yang Eksentrik Ini Dijamin Bikin Karyawan Betah!

3. Setrika gorden agar tidak kusut

Setelah dicuci dan dijemur, gorden perlu disetrika agar rapi dan lipatannya kembali ke bentuk semula. Nah dalam menyetrika gorden anda perlu memperhatikan pengaturan panas setrika. Sebaiknya anda tidak menggunakan setrika yang terlalu panas agar serat-serat kain tidak rusak. Selain itu, setrikalah gorden dari bagian bawah lalu ke bagian atas

4. Bersihkan gorden dengan penyedot debu

Dalam pemakaiannya sehari-hari bukan sesuatu yang tak mungkin jika gorden ditempeli oleh debu-debu. Untuk mencegah debu tersebut semakin menumpuk, anda bisa membersihkannya dengan menggunakan vacuum cleaner atau penyedot debu sebanyak 1 kali dalam seminggu.

Jika anda tidak mempunyai penyedot debu, anda juga bisa membersihkan gorden dengan menggunakan kemoceng atau kain basah

5. Ubah variasi gorden lama anda

Jika anda bosan dengan tampilan gorden lama, anda bisa melakukan sebuah inovasi baru. Misalnya yaitu dengan menambahkan rumbai, poni, hiasan bunga, bros, dan lain sebagainya

Nah itu dia beberapa tips mengenai cara merawat kain gorden yang baik dan benar. Anda sudah tidak bingung lagi kan? Nah semoga dengan mengikuti tips di atas gorden anda menjadi lebih bersih dan enak dipandang mata.

Selain itu, bila anda butuh koleksi gorden lain sebagai cadangan, jangan ragu untuk pergi ke toko tempat jual tirai jendela yang dekat dengan tempat tinggal anda. Atau bisa juga dengan membelinya melalui toko online di internet. Selamat mencari!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *