Jenis-Jenis Rockwool Peredam Suara Terbaik Yang Perlu Anda Ketahui

Rockwool merupakan salah satu material yang paling dibutuhkan dalam interior, terkhusus interior ruangan yang sering menciptakan kebisingan atau interior ruangan yang menghindari kebisingan masuk. Material peredam suara ini banyak digunakan oleh pabrik-pabrik, perpusatakaan, studio musik, kantor dan masih banyak lagi.

Cara kerja sistem peredam suara adalah dengan mengubah getaran (terutama suara) menjadi energi panas akibat terjadinya tumbukan molekul-molekul di dalam bahan peredam suara. Cara kerja ini kemudian menghasilkan dua solusi masalah yaitu mampu menginsulasi gangguan suara dan mampu menyerap pantulan suara.

Kelebihan Rockwool Sebagai Material Peredam Suara

Jenis Rockwool Peredam Suara Terbaik

Sebenarnya, banyak sekali jenis material peredam suara yang dijual di pasaran. Hanya saja material-material tersebut belum mampu memenuhi standar sehingga sering kali gagal dalam meredam atau menginsulasi gangguan suara. Namun walau seperti itu, ada banyak material peredam suara yang memiliki kualitas bagus. Salah satunya adalah Rockwool.

Peredam suara Rockwool terbuat dari bahan dasar tambang fiber ringan yang memiliki inti batu alam yang dikombinasikan dengan damar panas. Peredam suara yang satu ini masuk ke dalam jenis isolasi akustik dan termal, artinya mampu meredam suara serta memiliki konduksi termal yang rendah sehingga tidak mudah panas dan terbakar.

Peredam suara yang satu ini memiliki banyak sekali keunggulan. Selain tidak mudah panas dan terbakar, peredam ini juga dapat digunakan pada suhu 100Â ° C sampai 820Â ° C serta memiliki sifat bahan yang tidak mudah berkarat dan berjamur.

Keunggulan yang dimiliki oleh material peredam suara ini menjadikan material rockwool populer dan banyak digunakan oleh masyarakat luas dari mulai digunakan sebagai peredam suara di pabrik, peredam genset hingga peredam suara ruangan studio.

Jenis Rockwool Berdasarkan Ukuran

Ukuran, terutama ketebalan pada peredam suara merupakan faktor penentu yang sangat penting yang dapat mempengaruhi kualitas material dalam menahan suara masuk dan keluar. Semakin tebal ukurannya, semakin tinggi nilai density-nya, maka akan semakin bagus pula kemampuannya dalam mengendalikan suara.

Material peredam suara yang satu ini memiliki beberapa jenis ketebalan yang banyak dijual di pasaran. Yaitu:

  1. 1 cm
  2. 2.5 cm
  3. 5 cm

Ukuran ini dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda hanya membutuhkan untuk partisi saja, maka Anda dapat memilih ukuran 1 atau 2.5 cm. Tapi jika Anda membutuhkannya untuk studio musik atau ruangan industri, maka ukuran 5 cm merupakan pilihan paling terbaik.

Material peredam suara ini bisa dengan mudah didapatkan di berbagai toko interior yang ada di seluruh Indonesia, atau untuk mempermudahnya Anda bisa mendapatkannya di toko online. Hanya saja Anda harus lebih selektif dalam memilih toko terbaik.

Harga Rockwool di Pasaran

Harga Rockwool di pasaran sangat variatif tergantung ukuran yang Anda butuhkan, semakin tebal dan lebar yang Anda butuhkan maka harganya pun akan semakin tinggi. Selain itu, harga juga dipengaruhi oleh toko yang Anda kunjungi. Beberapa toko menyediakan ukuran yang sama namun harga berbeda. Oleh karenanya pastikan Anda mendapatkan harga terbaik di toko yang tepat.

Selain mendapatkan bahan peredam suara, Anda juga bisa sekaligus menggunakan jasa pasang peredam suara untuk memudahkan Anda dalam proses pemasangan. Hal ini dikarenakan memasang peredam suara cukup sulit dan butuh tangan ahli untuk melakukannya.

Itulah informasi seputar jenis peredam suara dan harga Rockwool. Pastikan Anda mengetahui kebutuhan Anda sebelum memilih jenis peredam yang Anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *