Sangat Menguntungkan! Inilah 5 Kelebihan Bahan Aluminium Sebagai Material Konstruksi

Bahan-bahan atau material bangunan merupakan aspek penting dalam setiap pelaksanaan kontruksi dan pembangunan. Untuk menentukan jenis material yang tepat sebaiknya kita mengenali kelebihan dan kekurangannya. Bahan-bahan bangunan sangat beragam, mulai dari bahan beton, kaca, keramik hingga aluminium, dari keanekaragaman jenis material pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Seperti yang kita ketahui saat ini penggunaan bahan aluminium sedang meningkat dan sudah digunakan hampir pada setiap interior bangunan rumah maupun bangunan gedung. Hal ini karena bahan aluminium memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan dengan jenis bahan lainnya, adapun aplikasi penggunaannya sangat variatif, salah satunya digunakan pada pintu geser kaca, jendela, ataupun pada pintu kamar mandi.

5 Kelebihan Bahan Aluminium

Berikut ini beberapa kelebihan bahan aluminium yang sangat menguntungkan bagi para penggunanya, dan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Terbebas Dari Rayap

Biasanya rayap sangat menyukai bahan kayu dan tempat-tempat yang lembab, khususnya pada area kamar mandi sebaiknya kita hindari penggunaan bahan kayu pada pintu dan jendela, dalam hal ini pintu aluminium geser dapat menjadi alternatif untuk menghindari resiko adanya rayap. Bahan aluminium berbeda dengan bahan lain yang sering bermasalah dengan gangguan rayap, menurut penelitian bahan aluminium memiliki suatu zat alami dimana rayap tidak menyukainya.

2. Awet dan Tahan Lama

Salah satu keunggulan bahan aluminum dibandingkan bahan lain yaitu memiliki kualitas ketahanan yang baik, berbeda dengan bahan lain yang mudah keropos atau patah. Meskipun aluminium memiliki bobot yang sangat ringan, namun bahan ini akan mampu bertahan hingga bertahun-tahun lamanya. Bahkan di tengah cuaca buruk sekalipun, bahan ini tidak akan berubah bentuk dan warna, kualitasnya akan selalu sama dan tidak akan berubah sedikitpun.

3. Anti Keropos dan Anti Air

Penggunaan aluminium semakin meningkat terutama di daerah perkotaan, hal ini karena salah satu kelebihan bahan ini yaitu memiliki ketahanan terhadap api dan juga air. Saat terjadi kebakaran bahan ini akan mampu meredam api dan tidak akan membuat api merambat pada material lain, tak heran bahan ini sangat populer di berbagai kalangan masyarakat. Selain tahan terhadap api, bahan ini juga tahan terhadap air, maka biasanya banyak digunakan pada area kamar mandi sebagai pintu dan juga kusen jendela. Pada rumah minimalis bahan aluminium biasanya digunakan pada pintu geser kaca, selain sifatnya yang anti air dan anti api, jenis bahan ini mampu menciptakan nuansa interior rumah menjadi semakin modern dan elegan.

4. Perawatan yang Mudah

Berbeda dengan bahan bangunan lain yang mudah rusak dan keropos, bahan ini memiliki keunggulan dengan ketahanan yang baik. Hal ini sangat menguntungkan karena perawatan nya dapat dilakukan dengan mudah, kita hanya cukup membersihkan nya dengan kain lap, maka debu dan kotoran yang menempel akan hilang dengan seketika. Selain itu resiko kemungkinan untuk patah sangat kecil sehingga kita tak perlu khawatir untuk mengeluarkan biaya perbaikan.

Baca juga: Daftar Harga Cat Dinding yang Paling Recommended 2019

5. Harga yang Terjangkau

Dalam membeli bahan material kita harus menyiapkan biaya yang tidak sedikit, maka pemilihan kualitas dan harga Harus dilakukan dengan matang. Namun tak perlu kahawatir karena di pasaran masih banyak jenis bahan bangunan yang dibanderol dengan harga rendah dengan kuailitas yang baik, salah satunya adalah bahan aluminium. Bahan aluminium memiliki kelebihan tersendiri pada harga yang ditawarkan, biasanya dibanderol dengan harga yang sangat ekonomis dan sangat terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Biaya pemasangan dan perawatan yang murah akan membantu menghemat biaya dan menekan budget biaya pengeluaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *