Kesalahan Penataan Interior yang Membuat Ruangan Terasa Kurang Homy

Kebanyakan orang menganggap menata ruangan dalam rumah merupakan hal yang sepele, padahal hal itu sangat berpengaruh besar terhadap tingkat kenyamanan. Sehingga membuat para penghuninya lebih betah untuk tinggal di dalam rumah. Penataan ruangan juga tidak boleh asal-asalan, harus memperhatikan beberapa aspek supaya rumah terlihat lebih elegan dan terkesan homy. Namun masih banyak orang melakukan kesalahan dalam penataan ruangan, seperti berikut ini.

Pemilihan Tema Kurang Sesuai

Pengaplikasian beberapa tema dalam satu ruangan akan membuat ruang tersebut terlihat tidak nyaman. Apalagi jika hal ini diaplikasikan pada rumah minimalis, sehingga membuat ruangan dalam rumah nampak penuh atau “sumpek”. Lebih baik pilih 1 (satu) atau 2 (dua) tema yang akan digunakan, supaya rumah memiliki kesan yang homy dan enak untuk dilihat.

Pemilihan Warna yang Tidak Tepat

Memadu padankan warna memang tidaklah mudah supaya menghasilkan warna yang pas. Kebanyakan orang cenderung menggunakan warna yang netral untuk menghindari kesalahan dalam pemilihan warna, namun ada pula yang memilih menggunakan beberapa macam warna tapi justru tidak sesuai. Sebelum mengaplikasikan warna pada dinding atau furniture alangkah baiknya mencari referensi agar sesuai yang diharapkan atau kalau ingin mencoba hal baru bisa dengan memasang wallpaper dinding yang sekarang sudah tersedia dengan berbagai macam motif.

Pemasangan Hiasan Dinding Kurang Diperhatikan

Pemasangan Hiasan Dinding

Hiasan pada dinding memang sangat membantu supaya ruangan terlihat tidak kosong dan lebih hidup. Namun, hiasan dinding ternyata bisa jadi salah satu penyebab ruangan terasa kurang nyaman jika pemasangannya tidak diperhatikan. Sebelum memasang hiasan dinding sebaiknya perhatikan beberapa hal yang bisa mempengaruhi nilai estetikanya, seperti letak hiasan usahakan sejajar dengan pandangan mata, jangan terlalu tinggi atau pun terlalu rendah. Selain itu, sesuaikan juga besar hiasan yang akan dipasang, harus cocok dengan luas ruangannya.

Pemilihan Furniture yang Tidak Sesuai

Jenis furniture yang tepat sangat penting dalam sebuah rumah supaya terlihat lebih homy. Jangan sampai memilih perabotan karena ‘ingin’ saja, tanpa memperhatikan kesesuaian ruangan dalam rumah. Usahakan memilih furniture yang pas dengan luas ruangan dan tempatkan di posisi yang tepat supaya ruangan terlihat lebih luas dan terkesan tidak monoton.

Pemakaian Cahaya dan Ventilasi 

Pencahayaan dan penempatan ventilasi pada sebuah ruangan mungkin bagi sebagian orang bukanlah hal yang penting. Akan tetapi, ternyata hal ini sangat berpengaruh pada tingkat kenyamanan ruangan itu sendiri. Jika rumah dengan ruangan sempit sebaiknya siasati dengan penggunaan cahaya, seperti pemakaian lampu atau ventilasi model kaca supaya cahaya bisa menerangi ruangan dengan maksimal. Hal ini akan membuat ruangan yang sempit terlihat luas dan elegan. Selain itu penempatan jendela yang tepat dapat membantu perputaran sirkulasi udara dalam ruangan.

Penataan ruangan yang tepat dapat membuat rumah terkesan homy, sehingga para penghuninya juga menjadi betah tinggal di dalamnya. Oleh sebab itu, jangan asal – asalan dalam mendekorasi ruangan. Apalagi jika rumah tersebut memiliki lahan yang sempit, apabila salah dalam penataannya akan membuat rumah menjadi semakin tidak nyaman dan mengurangi nilai estetika.

Biasanya orang dibuat bingung dalam pemilihan warna cat yang akan digunakan. Apabila ingin lebih praktis, bisa menggunakan wallpaper ​​​​​​sebagai alternatif pengganti cat pada dinding. Sekarang ini sudah banyak toko wallpaper dinding murah yang menjual aneka macam jenis wallpaper untuk dinding dari harga murah hingga mahal, tergantung dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *