Kiat Pemasangan Partisi Kaca Frameless yang Paling Benar

Kaca merupakan bahan yang memiliki unsur transparan sehingga siapa saja dapat melihat yang ada di balik kaca. Kaca sendiri dalam dunia arsitektur sering digunakan sebagai media dalam menciptakan unsur mewah dan prestisius karena mampu menghadirkan kesan berkilau ketika terkena cahaya. Tentunya kaca juga sangat cocok untuk membuat partisi dinding. Bahkan saat ini sudah muncul juga tren berupa partisi kaca frameless. Namun, tentu hal tersebut membuat kamu bertanya-tanya, bagaimanakah cara untuk memasang kaca dengan struktur frameless? Berikut informasinya.

Kiat Pemasangan Partisi Kaca Frameless

Kiat Memasang Partisi Kaca Framelss

Pada dasarnya untuk membuat partisi kaca ada dua metode yang bisa diaplikasikan dalam hal pemasangan kaca yaitu dengan menggunakan kusen dan juga tanpa menggunakan kusen. Untuk yang menggunakan kusen tentu sangat mudah dilakukan karena kamu hanya perlu menyiapkan sendiri suatu kusen dan juga selembar kaca yang memiliki ukuran sesuai dengan kebutuhan. Masukkan saja kaca dengan kusen sehingga menyatu, Nantinya, kamu hanya perlu membuat partisi menggunakan kusen yang sudah menyatu dengan kaca tersebut.

Tentunya berbeda dengan cara memasang kaca tanpa menggunakan kusen karena diperlukan juga trik khusus agar dapat menempelkan kaca tersebut pada dinding tanpa adanya bantuan dari kusen. Untuk itu, kamu perlu menggunakan trik berikut ini untuk mengaplikasikannya.

Kiat Memasang Partisi Kaca Framelss

Cara membuat partisi dari kaca secara langsung tanpa menggunakan bingkai kusen adalah dengan bantuan dari sealant yang efektif menggantikan fungsi dari kusen sebagai bingkai. Caranya sangat simpel, kamu harus membuat cerukan terlebih dahulu pada dinding dibagian kaca yang cenderung lebih panjang. Sebagai contoh, apabila kamu tertarik untuk memasang kaca dengan struktur vertikal, buatlah cerukan pada bagian samping kanan dan kiri pada dinding. Selanjutnya, untuk sisi yang memiliki ukuran lebih pendek seperti misal pada atas dan bawah, gunakan saja sealant sebagai bahan pegangan untuk kaca tersebut. Pastikan kamu mempersiapkan kondisi yang tepat agar ketika kaca memuai tidak akan pecah.

Sebagai contoh, kamu akan memasang sebuah dinding partisi dari kaca yang memiliki ukuran 100 x 200 cm pada posisi pemasangan di mode vertikal. Pada tahap awal, kamu harus terlebih dahulu membuat cerukan khusus pada bagian kanan dan kiri di area yang diinginkan. Selanjutnya, pastikan bahwa cerukan yang dibuat tersebut memiliki kedalaman sekitar 3-5 cm bergantung kepada tingkat ketebalan dari kaca yang digunakan. Sebagai contoh, pada kasus ini buatlah sebuah cerukan masing-masing dengan kedalaman 4 cm.

Berdasarkan ukuran tersebut, kamu perlu kaca yang berukuran 106 x 199 cm. Panjang 106 cm dimaksudkan dengan tujuan agar terdapat sisa 6 cm yang nantinya harus masuk ke dalam cerukan di mana pada setiap sisi masuk sedalam 3 cm/cerukan pada bagian kanan dan kiri. Usahakan juga pada bagian kaca yang masuk ke dalam cerukan ini tidak mentok dengan tujuan menjaga kaca tidak pecah ketika memuai karena kaca tersebut dapat memanjang dengan lebih leluasa. Sementara itu, lebar 199 cm bertujuan agar menyisakan ruang cukup 1 cm saja sebagai tempat meletakan sealant pada bagian atas dan bawah sekitar 0,5 cm pada tiap sisinya.

Demikianlah artikel singkat mengenai kiat pemasangan kaca Framelss yang baik dan benar. Semoga artikel ini dapat membantu kamu membuat partisi dinding yang sesuai dengan harapan. Selamat mencoba tips ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *