Metode Pengerjaan Waterproofing Membrane Bakar yang Tepat

Apakah anda sedang mengerjakan proyek konstruksi bangunan? Pastinya ada banyak hal yang perlu anda persiapkan. Mulai dari desain bangunan, pemilihan material yang berkualitas, hingga tenaga ahli yang berpengalaman. Nah, satu hal yang juga ngga kalah pentingnya, yakni penggunaan pelapis kedap air waterproofing membrane.

Waterproofing membrane sendiri, seringkali diaplikasikan di beberapa area bangunan seperti dak beton, basement, balkon, dan juga kolam renang. Karena area tersebut cukup rawan terjadi kelembaban, sehingga diperlukan lapisan kedap air. Dari berbagai pilihan pelapis kedap air, jenis waterproofing membrane bakar adalah salah satu yang cukup diminati.

Keunggulan Waterproofing Membrane Bakar Jika Diaplikasikan dengan Metode yang Tepat

Keunggulan Waterproofing Membrane Bakar
Source via: hp-trdk-seo.com

Waterproofing membrane bakar merupakan lembaran aspal dengan campuran senyawa kimia, dan diperkuat adanya serat tulang nonwoven poliester yang mampu melapisi permukaan bangunan. Dengan perpaduan bahan tersebut, waterproofing membrane bakar ini memiliki berbagai keunggulan.

Beberapa keunggulan tersebut diantaranya yakni tahan perubahan cuaca, lebih awet, dan memiliki daya tahan terhadap zat kimia. Selain itu, lapisan ini juga tahan dari benturan dan gesekan sehingga tidak mudah robek. Namun untuk mendapatkan keunggulan tersebut, tentu pengerjaan harus dilakukan oleh jasa waterproofing membrane bakar dengan metode yang tepat.

Metode Pengerjaan Waterproofing Membrane Bakar untuk Lapisan Kedap Air

Untuk mengaplikasikan waterproofing membrane bakar pastinya bukanlah hal yang mudah. Proses pembakarannya bukan hanya asal dibakar, namun diperlukan metode yang tepat. Nah, untuk mendapatkan hasil dan fungsi yang maksimal, tentu proses pengerjaan waterproofing membrane bakar perlu dilakukan secara bertahap seperti berikut ini :

1. Lakukanlah pengecekan area yang akan dipasang waterproofing membrane bakar. Pastikanlah bahwa area bersih dari material yang akan menyulitkan pemasangan, serta membuat permukaan menjadi tidak rata. Misalnya saja kerikil, permukaan beton yang tidak rata, dan juga adanya lubang pada permukaan. Karena kondisi permukaan akan sangat mempengaruhi hasil pengerjaan waterproofing membrane bakar.

2. Aplikasikan terlebih dulu bahan dasaran primer bitumen, lalu tunggu mengering sebelum melakukan tahapan selanjutnya. Jangan langsung meneruskan tahap pembakaran sebelum lapisan primer kering.

3. Proses selanjutnya yakni pembakaran lembaran waterproofing membrane. Nah, saat proses pembakaran ini, anda perlu melakukannya dengan teliti agar lelehan hanya terjadi pada pelapis tipis PE. Karena bagian membrane cukup dalam kondisi lunak, agar lebih menempel dengan sempurna.

4. Pastikanlah bahwa keseluruhan ruas penampang telah terjadi perekatan yang merata. Nah, jika ternyata masih ada bagian yang belum rata, gunakanlah sendok semen agar lapisan kembali merekat. Kemudian lakukan pengecekan kembali untuk memastikan permukaan telah melekat dengan sempurna.

5. Itulah tadi metode pengaplikasian waterproofing membrane yang harus dilakukan secara tepat. Namun ada beberapa hal penting lagi yang perlu diperhatikan oleh jasa pemasangan waterproofing membrane bakar. Yakni pengaplikasian sistem loose laid, dan upstand sepanjang 30 cm yang harus melekat sempurna.

Selain itu, perhatikan juga pemasangan upstands dan flashing 1 meter yang memotong sisi tiap rol, dengan sisi sambungan overlap 5 cm /10 cm hingga 15 cm dari bagian samping. Hal ini sangatlah penting untuk menunjang maksimalnya hasil akhir waterproofing membrane bakar.

Nah, itulah tadi metode pengaplikasian lapisan waterproofing membrane bakar. Keseluruhan metode tersebut, tentu harus dilakukan secara tepat oleh jasa pemasangan waterproofing membrane bakar. Karena dalam proses pengaplikasiannya sangatlah diperlukan ketelitian serta pengalaman.

Jika asal memasang, tentu akan mengurangi keefektivitasan lapisan serta bisa berakibat fatal. Alih alih kedap air, justru lapisan lantai anda malah akan rawan kebocoran. Maka dari itu, sangat penting mempercayakan waterproofing membrane bakar pada tenaga ahli yang terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *