Penggunaan Material Alumunium dan Kaca Di Interior

Aluminium dan kaca merupakan material yang tergolong baru, apalagi di dunia konstruksi.  Namun walaupun seperti itu, aluminium dan kaca menjadi material yang sangat diminati mengingat banyak sekali kelebihannya, salah satunya adalah mampunya menciptakan kesan modern pada interior maupun eksterior ruangan.

Penggunaan Material aluminium dan Kaca Dalam Interior

Penggunaan aluminium dan kaca di interior ruangan memang lebih banyak dibandingkan dengan eksterior ruangan, contohnya adalah penggunaan pintu aluminium kamar mandi. Selain itu masih banyak lagi digunakan, khususnya oleh konsep ruangan dengan gaya futuristik. Adapun penggunaan material aluminium dan kaca di interior lebih lengkapnya sebagai berikut:

1. Dinding kaca

Dinding kaca memang sudah tidak asing lagi, bahkan sering digunakan oleh gedung-gedung pencakar langit. Dinding kaca sering dimanfaatkan karena mampu menghadirkan kesan futuristik pada ruangan, selain itu juga mampu menyerap cahaya alami dengan optimum. Namun walaupun seperti itu dinding kaca berpotensi menyerap radiasi yang berbahaya pula dari sinar matahari, oleh karenanya dinding kaca sering diberi lapisan pelindung agar penghuni ruangan tidak terganggu kesehatannya.

2. Kusen aluminium

aluminium dewasa ini sering digunakan untuk menggantikan kusen kayu karena memiliki tingkat keawetan yang lebih tinggi. Kusen aluminium memiliki kelebihan seperti tidak mudah terkena rayap, tidak mudah lembab dan yang pasti meminimalisir pemanfaatan kayu yang semakin menipis.

3. Pintu kaca dan aluminium

Pintu kaca maupun aluminium saat ini lebih sering digunakan, apalagi untuk interior yang sangat peduli terhadap gaya-gaya industrial maupun futuristik. Pintu aluminium khususnya sering digunakan untuk ruangan-ruangan yang lebih privat seperti pintu aluminium kamar mandi, pintu aluminium kama tidur, dan lain-lain. Sedangkan pintu kaca umumnya digunakan untuk ruang-ruang yang lebih umum seperti pintu menuju keluar, pintu penghubung antara ruang tamu dan ruang makan, dan lain-lan.

4. Partisi kaca kusen aluminium

Partisi adalah pengganti dinding untuk membatasi satu dan lain ruangan. partisi kaca sering dugunakan untuk menghemat ruang, hal ini dikarenakan kaca memiliki tubuh yang tipis sehingga tidak banyak ruang yang tersita seperti halnya penggunaan partisi menggunakan tembok. Partisi kaca sangat cocok untuk interior minimalis. Partisi kaca biasanya partisi sementara atau dapat dipindah-pindah sesuai kebutuhan ruangan. Partisi kaca dalam pemasangannya agar tidak mudah pecah dan tergores menggunakan kusen aluminium. Kedua material ini memang sering sekali berkombinasi dengan baik dalam banyak akses di interior ruangan.

5. Furnitur

Selain pintu aluminium kamar mandi dan partisi kaca, material kaca dan aluminium juga banyak digunakan untuk furnitur seperti meja, lemari, kursi, dan lain-lain. Furnitur menggunakan material kaca akan memberikan kesan yang luas pada ruangan karena cahaya yang masuk dapat menembus kedalam bagian-bagian terkecil dari furnitur. Sedangkan furnitur aluminium umumnya digunakan untuk gaya interior industrial karena memiliki karakter yang sangat kuat.

6. Dekorasi

Material kaca dan aluminium sering pula digunakan untuk aksen-aksen dekorasi seperti lantai kaca, tangga kaca, patung kaca, perabotan aluminium, dan masih banyak lagi.

Itulah pemanfaatan-pemanfaatan material kaca dan aluminium pada interior ruangan. selain pada poin di atas, banyak lagi desainer interior yang memanfaatkan material kaca dan aluminium menjadi sesuatu yang sangat tidak terduga dan baru. Ke dalam bentuk apapun material kaca dan aluminium diarahkan untuk interior, kedua material ini pasti memunculkan keselarasan apalagi jika pemasangannya didasarkan pada prinsip keseimbangan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *