Tips Membuat Wallpaper Dinding Awet dan Tahan Lama

Salah satu cara untuk menghiasi dinding adalah dengan memberi dekorasi berupa wallpaper. Anda bisa menentukan ingin seperti apa dan mendekorasi dinding rumah anda sesuai dengan ciri khas dan kepribadian yang anda miliki. Motif yang beragam dan gambar – gambar yang lucu membuat banyak orang memilih wallpaper dibandingkan dengan hanya cat polos biasa. Normalnya, wallpaper pada dinding dapat bertahan hingga 10 tahun lamanya. Namun, anda dapat melakukan beberapa tips untuk membuat wallpaper tahan lebih lama dan awet lebih dari waktu yang ditentukan lho!

Tips Membuat Wallpaper Dinding Awet dan Tahan Lama

Tips Agar Wallpaper Dinding Awet dan Tahan Lama 

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk menjaga agar wallpaper kesayangan anda tahan lama adalah dengan memperhatikan proses pemasangan Wallpaper Dinding rumah anda. Pada saat memasang wallpaper, sebaiknya mintalah tangan sang ahli agar terhindar dari kesalahan dalam menempel wallpaper. Biasanya para toko jual wallpaper dinding akan menawarkan jasanya sekaligus untuk membantu anda. Kemudian, anda juga harus mengecek kondisi kelembaban dinding. Jika dinding anda lembab sebaiknya hindari untuk dipasangkan wallpaper karena dapat merusak hasil akhir dan tentunya menjadi tidak tahan lama jika dipaksakan. Jika anda memiliki masalah dinding yang lembab, cobalah untuk memberikan cat anti lembab kemudian bersihkan permukaan dinding dari debu, kotoran dan sisa lapisan cat sebelum memasang wallpaper.

Tips selanjutnya untuk membuat Wallpaper Dinding anda awet adalah dengan memperhatikan permukaan dinding yang akan dipasang wallpaper. Anda harus mencari permukaan dinding yang halus dan rata. Karena, semakin halus permukaan dinding, maka semakin rekat wallpaper akan menempel pada dinding anda. Jika proses awal ini terlewat, maka wallpaper akan cepat rusak dan tidak tahan lama. Tips sederhana yang pastinya anda sering lupa adalah membesihkan wallpaper dari debu dan kotoran dengan kemoceng. Memang terdengar sepele, namun hal ini dapat berdampak besar bagi wallpaper anda kedepannya. Bersihkanlah debu sesuai dengan arah jarum jam. Hal ini dilakukan agar wallpaper yang terkena debu dapat benar – benar bersih.

Jika wallpaper terkena noda atau kotoran membandel, cobalah untuk membasuhnya secara perlahan dengan air jeruk nipis. Peraslah jeruk nipis dan campurkan kedalam air hangan, kemudian basuhlah secara perlahan. Membasuh wallpaper dapat menggunakan spons lembut ataupun kain yang tidak kasar teksturnya. Diamkan beberapa saat dan lap bekas gosokan spons dengan kain kering yang bersih. Jika wallpaper anda berbahan kain, anda dapat menggunakan sikat dengan perasan jeruk nipis dan air hangat. Hal ini dilakukan tentunya untuk menjaga estetika dari wallpaper itu sendiri agar tetap terlihat cerah dan bersih.

Inti dari merawat wallpaper agar awet dan tahan lama adalah konsistensi anda dalam membersihkan wallpaper tersebut. Setiap jenis wallpaper pastinya memiliki cara yang berbeda – beda untuk dibersihkan jika terdapat noda. Namun jangan khawatir, karena membersihkan wallpaper tidak serumit yang dibayangkan. Hal kecil yang dapat anda lakukan adalah rutin untuk mengecek kondisi wallpaper. Bersihkan wallpaper dari debu setiap minggunya merupakan langkah kecil namun berdampak besar bagi anda yang gemar mendekorasi dinding dengan wallpaper. Nah, sekarang anda menjadi tahu kan’ bagaimana caranya merawat wallpaper kesayangan anda agar menjadi awet dan tahan lama?. Jika demikian, segeralah terapkan tips tersebut jika anda berminat untuk memasang wallpaper. Karena wallpaper yang cantik adalah cerminan dari rumah yang indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *