Tips Menghemat Ruang Pada Rumah Minimalis Anda

Memiliki rumah dengan ukuran kecil kadang membuat orang bingung mau mendekorasinya seperti apa, alih-alih membuat hunian indah dan nyaman, malah menjadikannya sempit dan sumpek. Sebenarnya dengan konsep menghemat ruangan, Anda bisa menciptakan rumah minimalis yang decorable dan tetap berkesan luas maksimal. Bagaimana caranya?

Lakukan Tips Ini Dan Dapatkan Hunian Idamanmu

Rumah Minimalis

Lima langkah ini dapat memaksimalkan penghematan ruang pada rumah minimalis Anda. Pastinya tidak akan merubah konsep yang sudah dipilih, namun akan lebih memanfaatkan setiap inchi ruangan dengan cara yang tepat.

Tak Perlu Dinding Pembatas

Lupakan untuk membuat dinding pembatas pada setiap ruangan, karena hal itu hanya akan membuat rumah menjadi terlihat sempit. Kalaupun Anda ingin menjaga privasi, gunakan saja pembatas portable atau partisi pintu kaca geser dari toko yang menjual dengan harga pintu kaca geser murah berkualitas.

Contohnya perpaduan antara ruang makan dan ruang keluarga yang hanya dibatasi oleh lemari minimalis di antara keduanya. Atau membagi ruang tamu dan ruang makan dengan produk pintu geser portable dari toko yang jual pintu geser.

Tentukan Area

Anda harus memastikan area-area di dalam rumah secara jelas. Misalnya ruang tamu di bagian depan, dengan furniture minimalis yang tetap kekinian. Lalu di area berikutnya ada ruang keluarga yang ditandai adanya sofa malas sebagai pembatas, kemudian ada area dapur pada bagian belakang.

Untuk menuju setiap area yang dibuat tanpa sekat, Anda harus memberikan akses jalan yang jelas, agar siapapun bisa mencapainya dengan mudah. Bisa dengan menggunakan wallpaper lantai bermotif arah, atau aksesoris lainnya.

Pembatas Transparan

Jika Anda tetap ingin memberi pembatas, maka jangan berupa dinding permanen, cobalah mengaplikasikan pembatas transparan atau yang menggunakan kaca one way, seperti kaca pada ruang inerogasi pada kantor polisi. Sehingga privasi pada ruangan tertentu bisa tetap terjaga.

Contoh pembatas transparannya adalah pintu kaca dengan model geser yang bisa Anda beli dengan harga pintu kaca geser sesuai dengan anggaran yang Anda sediakan. Pintu jenis ini termasuk hemat, karena tak perlu ruang saat membukanya, dan banyak jenis kaca yang bisa dipilih.

Built in Furniture

Untuk menghemat ruangan, Anda juga bisa menyiasatinya dengan memakai furniture built-in atau yang tertanam di dinding. Contohnya pada area dapur dengan rak gantung built in, sehingga area lebih terlihat luas. Begitu juga dengan ruang keluarga dengan rak televisi built in, agar ruangan jadi lebih luas dan bisa digunakan untuk fungsi lain.

Multifunction Furniture

Trik lain yang bisa dilakukan adalah dengan memilih furniture multi fungsi, sehingga ruangan bisa lebih banyak termanfaatkan. Contohnya, kursi dan meja tamu yang bisa dilipat dan disimpan, lalu ruangan bisa dijadikan area bermain anak. Atau partisi pintu geser yang merupakan produk dari toko jual pintu geser yang bisa dipesan agar memiliki banyak fungsi seperti meja lipat, bahkan tempat tidur.

Penghematan ruang memang sangat penting bagi rumah tipe minimalis, sebab area sangat terbatas sementara kebutuhan akan ruangan cukup banyak. Cobalah untuk menerapkan tips di atas, dan rasakan perbedaannya. Rumah akan terlihat luas, ruangan memiliki banyak fungsi dan Anda sekeluarga tetap nyaman berada di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *