Variasi Model Kait Pada Gorden Masa Kini

Mungkin tidak banyak pemilik rumah yang memperhitungkan mengenai seberapa penting efek pemasangan gorden. Bahkan bisa jadi, gorden atau roller blind hanya dipilih seadanya saja, tanpa banyak pertimbangan. Padahal, pemasangan gorden umumnya mendominasi dinding pada sebuah ruangan. Tentu saja pemilihan gorden akan sangat berpengaruh bagi estetika desain interior ruangan tersebut. Sehingga ada baiknya, memikirkan matang-matang beragam hal sebelum memutuskan jenis gorden yang hendak dipilih.

Pemasangan gorden bisa dibilang susah-susah gampang. Gorden berbahan ringan dengan ukuran kecil, tentu pemasangannya lebih mudah, jika dibandingkan dengan gorden dengan material berat yang berukuran besar. Tapi tentu saja, pemilihan gorden pun harus disesuaikan dengan tema desain interior pada ruangan, dan bangunan secara keseluruhan.

Rumah minimalis dan modern, atau bergaya skandinavia tentu akan lebih sesuai dengan gorden minimalis. Lain halnya jika Anda menggunakan desain arsitektur dan interior bergaya klasik atau mungkin mediteranian dengan sentuhan timur tengah. Pastilah gorden tebal dengan motif menawan akan menjadi pilihan yang sesuai untuk ruangan Anda.

Pentingnya Komponen Gorden

 

Tentu saja, hal yang penting diperhatikan dalam pemilihan dan pemasangan gorden, adalah kompoen-komponen gorden itu sendiri. Umumnya, gorden terdiri dari:

  • Rel gorden
  • Kaitan Bagian atas Gorden
  • Gordennya itu sendiri
  • Pengikat gorden
  • Pengait di tepi jendela untuk pengikat gorden

Aneka Jenis Model Kait Gorden

 

jika Anda ingin memiliki tampilan gorden yang rapi dan menarik, maka semua komponen itu harus tersedia dan dipasangkan dengan benar. Bahkan kehilangan satu pengait bagian atas gorden, akan membuat gorden terlihat tidak seimbang dan berkurang keindahannya. Saat kait itu hilang, barulah Anda menyadari pentingnya kait gorden tersebut untuk estetika gorden yang Anda pilih.

Saat ini, bahkan kait gorden pun memiliki anek model yang dapat Anda pilih, agar tampilan gorden minimalis atau klasik Anda menjadi lebih menarik dan indah. Berikut ini adalah beberapa model kait gorden yang dapat Anda pilih:

Model kait kawat S

Rasa-rasanya semua orang yang memiliki gorden di rumahnya, pastilah mengenali model kait kawat S . Merupakan jenis model kait gorden yang paling lama dan paling banyak digunakan. Hingga saat ini model kait S ini masih bisa ditemukan.

Pemasangan jenis kait ini cukup rumit. Bahkan jika Anda terbalik memasangnya, kaitannya akan mudah lepas. Pemasangannya memang lebih merepotkan. Namun, harga kait model kawat S ini merupakan jenis kait gorden yang sangat murah dari yang lainnya. Model kait S ini berpasangan dengan komponen plastik yang dipasang pada rel untuk membuat gorden mudah dibuka tutup.

Model Kait Smokering (Cincin)

Untuk tampilan lebih modern, saat ini model kait ring sudah banyak digunakan untuk memasangkan gorden pada relnya. Jika menggunakan model ini, maka ada juga gorden yang bagian atasnya dilubangi dan dipasangi cincin pada kainnya. Cincin yang lebih besar dimasukkan pada lubang cincin gorden, dan kemudian dipasangkan pada rel untuk membuka tutup gorden.

Model Kait Jepit

Model kait berupa penjepit  akan ditemukan pada gorden modern roller bllind seperti vertical blind. Hal ini dikarenakan gorden jenis ini menggunakan kerai yang kemudian bilah kerai dipasangkan satu persatu dengan cara dijepit. Selain lebih mudah diaplikasikan, juga tidak akan merusak kerai pada vertical blind.

Kait Tali Gorden

Jenis kait ini, berukuran besar dan ditempatkan di samping jendela tempat gorden terpasang. Kait ini berfungsi untuk mengaitkan tali yang digunakan untuk mengikat gorden pada saat dibuka. Sehingga gorden terlihat rapi dan tidak mengganggu. Kait tali gorden memiliki tampilan yang lebih beragam dan manis. Sebut saja model hook trisula, model mutiara, model mawar dan sebagainya. Sebutan model tersebut, disesuaikan dengan motif yang terdapat di atas kaitan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *