Walau Sulit Retak, Ternyata Ada Loh Hal Yang Membuat Tempered Glass Pecah

Penggunaan kaca kini semakin merembet ke bagian bangunan lainnya dan tidak terbatas untuk cermin saja. Bahkan inivasi kaca tempered yang berupa kaca yang melalui proses pengerasan menjadi lebih tebal dan kuat dibandingkan kaca biasa. Jadi jangan heran bila melihat dinding, pintu, sekat dan partisi kaca menghiasi interior rumah dengan apiknya.

Hal Yang Perlu Dihindari, Agar Kaca Tempered Tidak Pecah

Kaca Tempered lebih kuat dari kaca biasa, dengan kisaran 4 kali lipat kaca ini sangat cocok untuk jadi material bangunan rumah. Bahan yang tebal dengan double pemanasan menjadi keunggulan untuk jadi sekat, skylight, dinding, pintu atau partisi kaca tempered. Bila bahan kaca biasa bila pecah akan menjadi serpihan yang bisa melukai, tidak halnya dengan kaca tempered. Proses pembuatannya yang melalui proses suhu tinggi, lalu diturunkan dengan cepat secara berulang, menjadikan kaca ini menjadi butiran kecil saat pecah dan tidak berbahaya. Jadi kondisi apa saja, yang buat kaca tempered bisa pecah? Berikut beberapa kemungkinannya.

1. Benturan Sangat Keras

Perlu dipahami bahwa kaca tempered sangat susah sekali pecah. Jadi bila dipasang pada kamar mandi, orang yang berukuran normal tidak akan jatuh dan membuat kacanya pecah berkeping-keping. Namun untuk orang yang berukuran sangat besar dan berat bisa saja menghancurkan kaca tempered yang digunakannya. Benturan tersebut pun harus bertumpu pada satu titik. Karena setelah retak, maka kaca ini akan langsun pecah berhamburan.

2. Perubahan Suhu Mendadak

Pembuatan Kaca tempered melalui proses dengan pemanasan dan pendinginan yang ekstrem berkali-kali. Jadilah bentuk kaca kokoh yang tahan banting dan sangat tebal. Namun, bila proses yang pembentukan panas dan dingin bisa menjadilkan lapisan pengeras yang sangat kuat. Maka, proses yang sama dapat menghancurkanya. Jadi, jauhkan kaca tempered dari segala bentuk temperatur yang mudah berubah secara mendadak. Bila hal tersebut terjadi, maka ada kemungkinan kaca akan cepat hancur.

3. Kesalahan Proses Pembuatan

Manusia tidaklah luput dari salah. Untuk membuat kaca yang melalui beberapa proses, selalu ada kemungkinan error. Jadi, jangan tergiur membeli kaca tempered yang jauh di bawah harga pasaran umumnya. Bila ada salah perhitungan, akan menghasilkan kaca berkualitas buruk. Jadi pasang saja dengan bantuan jasa partisi kaca tempered yang memang spesialis untuk hal demikian,

4. Dihantam Benda Tajam Atau Tumpul

Walaupun tidak ingin beranggapan bahwa ada pencuri atau orang yang tak bertanggung jawab, dengan sengaja merusak berbagai dekorasi kaca dengan tongkat baseball atau bahan kayu lainnya yang lebih kuat. Walaupun anti retak, namun dipukul bertubi-tubi adalah sensasi berbeda yang bisa buat orang terobsesi. Bila ada yang iseng memukul dengan benda yang mirip dengan situasi tersebut, halangi karena dapat merusak instrumen yang ada.

5. Salah Potong

Bahan ini sangat sulit dibentuk dan direkayasa. Karena ukurannya sudah sesuai pesanan dari tukang. Jadi bila ada kesalahan potong dan membuat lubang kecil atau retakan, maka kaca tempered anda tidak akan berumur lama. Oleh karena itu, selain menggunakan jasa profesional, selalu periksa material bangunan yang datang sebelum disimpan. Jadi barang bisa langsung diganti bila terdeteksi ada masalah.

Kaca tempered termasuk kaca kuat yang tidak mungkin mudah pecah. Namun, ada saja situasi luar biasa yang buat kaca ini sampai pecah walalupun memiliki ketebalan kaca yang fantastis. Cermati berbagai alasan tersebut, dan pastikan tidak mempengaruhi para peserta,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *